Loading...
world-news

POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE - TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA


Akreditasi

A

Strata

S1

Perminatan

SAINTEK

Website

http://trmm.pnl.ac.id

Sekilas Tentang TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA

SEJARAH

Profil lulusan ini adalah komponen utama dalam merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) program studi, agar terbentuk ke­sinambungan proses dalam mencapai visi dan misi program studi. Namun, ciri khas lulusan Program Studi menjadi bagian penting untuk menunjukkan keunggulan kompetitif (competitive advantage) setiap progam studi. Profil lulusan program studi bisa saja menjadi rekayasa multimedia baik dibidang:

1.  Penyiaran Multimedia (Multimedia Broadcasting)

Video/sound engineer, Multimedia engineer, Video dan line atau audio producer, Program Director / Content Director / Pengarah Program / Pengarah Konten, Director of Broadcasting, Creative Group Head, Social Media Manager

2. Pengembang Multimedia (Multimedia Developers)

Editor Video (Video Editor), Desainer Grafis Madya (Intermediate Graphic Designer), Animator Utama (Advance Animator), Desainer Multimedia Utama (Advance Multimedia Designer), 3D Animation Development Artist, Character Designer / Concept Artist, Junior Designer Grafis, Fotografer, Multimedia Art Director, Sound Designer (Inc Sound Effect), Multimedia Technical Director / Multimedia IT Director, Video Game Designer, Interactive Media Designer

3. Manajer proyek Multimedia (Multimedia Project Manager)

ICTPM Deputy Manager, Deputy Manager Ict Project Management, IT Maintenance Contract Administrator

4. Multimedia Enterpreneur (Technopreneur)

Digital Enterpreneur Deputy Manager, Junior IT Consultant, Usaha di bidang: Periklanan dan Production House

Keunikan atau Keunggulan Program Studi.

Program studi Teknologi Rekayasa Multimedia merupakan salah satu cabang keilmuan dalam lingkup ilmu komputer (Computer Science) yang berhubungan dengan teknologi multimedia yang lazim digunakan oleh dunia industri multimedia. Program studi sarjana terapan Teknologi Rekayasa Multimedia pada Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) memilki keunikan atau keunggulan program studi yang merupakan satu-satunya ada di provinsi Aceh maupun di pulau sumatera. Dalam dunia kerja industri kebutuhan tenaga kerja dalam bidang multimedia dipastikan terbuka luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Keberadaan tenaga ahli dan terampil di bidang multimedia sangat dibutuhkan yang terampil dan kompeten dan siap untuk memasuki dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA)Standar kurikulum dikembangkan berdasarkan yang dikeluarkan oleh ACM (Association for Computing Machinery), APTIKOM, The International Council for Information Technology in Government Administration (ICA), dan Standar penyelenggaran program studi Teknologi Rekayasa Multimedia program sarjana terapan sesuai dengan jenjangnya Kualifikasi Level 6 dalam KKNI (SN-Dikti) serta Peta Okupasi Nasional dibidang multimedia. Saat ini Pemerintah telah menerbitkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) berbagai ruang linkup pekerjaan di bidang multimedia.

Secara Nasional, pada saat penyusunan kurikulum yang pertama kali di usul untuk program studi baru ini sampai Desember 2019, ternyata ada 2(dua) program studi yang sejenis pada tingkat nasional, yaitu :

1. Teknologi Rekayasa Multimedia, Universitas Telkom, Bandung, yang berdiri tanggal 06 September 2018

2. Teknologi Rekayasa Multimedia, Teknologi Rekayasa Multimedia , yang berdiri tanggal 23 September 2019

Peningkatan kebutuhan tenaga ahli dalam bidang teknologi rekayasa multimedia saat ini dan masa depan masih memiliki peluang yang sangat besar dalam bidang dunia usaha dan dunia industri baik dalam maupun luar negeri.

a. Munculnya nomenklatur program studi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan kesesuaian kebutuhan dunia kerja Nasional dan Internasional melalui Permendikbud Nomor 7 Tahun 2020

b. Kehadiran era revolusi industri 4.0 di indonesia, pemerintah melalui Menteri Perindustrian (Hartato, 2018) dalam acara “Sosialisasi Roadmap Implementasi Industry 4.0” pada hari Selasa (20/3/2018) di Jakarta, kemudian peluncuran roadmap di Jakarta Convention Center, dalam acara ini Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Industrial Summit 2018. Acara ini bapak presiden  mengatakan bahwa untuk memasuki era revolusi industry 4.0 kita harus mengimplementasikan beberapa strategi yang tertuang dalam roadmap ini dengan melibatkan pemangku kepentingan seperti instansi pemerintahan, asosiasi, pelaku industri, dan hingga unsur akademisi. Menurut menteri terutama pada sektor industri nasional ada 5(lima) aspek penguasaan teknologi mengalami perubahan, yakni Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing. 

c. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mencanangkan program digital talent scholarship. Program ini sebagai program pembangunan prioritas nasional akan mencapai 230 juta talenta digital pada tahun 2030. 

d. Kemudian Kemenkominfo telah merilis Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 soal Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) pada 10 Oktober 2019 lalu, menggantikan PP PSTE Nomor 82 Tahun 2012. 

e. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebut pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif terus bertumbuh Di akhir 2018 menurut data BPPT yang diekstrapolasi BPS sumbangan ekonomi kreatif Indonesia itu Rp 1.105 triliun dan diramalkan akhir tahun ini bisa Rp 1.200 triliun," ujarnya di Jakarta, Jumat (27/9). 

f. Hasil survey calon lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan SMK yang sebidang dengan program studi yang diusulkan, khususnya yang berada di propinsi aceh.

LAB


Laboratorium Spesifik Prodi TRMM

PROGRAM STUDI

Visi Prodi TRM

Menjadikan program studi vokasi yang kompeten di bidang rekayasa multimedia dan bersaing di industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) ditingkat nasional maupun internasional pada tahun 2030

Misi Prodi TRM

Dalam upaya mewujudkan visi tersebut Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia (Multimedia Engineering Technology) memiliki misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi dibidang rekayasa mutimedia sesuai kebutuhan industri, dunia usaha dan dunia kerja.
  • Mengembangkan penelitian di bidang rekayasa multimedia yang kreatif, inovatif dan berkualitas
  • Menyelenggarakan kegiatan dan kerjasama dengan masyarakat industri, dunia usaha dan dunia kerja sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat
  • Mengembangkan teknologi di bidang rekayasa multimedia yang berwawasan Teknopreneur